Sabtu, 27 Februari 2010

Pemodelan dasar pada objek 3 Dimensi (3D)

Biasanya setiap melihat objek 3D berarti kita melihat objek yang dalam arti sesungguhnya. Dalam 3D penggambaram objek dilakukan di 3 ruas yaitu, x, y, dan z.



• Sistem koordinat dalam 3D
Koordinat dalam 3D ada 2 yaitu WCS dan UCS
1. WCS (world coordinate system) adalah koordinat yang selalu tetap dan jika memasukkan titik yang sama tidak tergantung arah.
2. UCS (user coordinate system) adalah koordinat yang bisa diubah
• Tipe-tipe objek 3D
Terdapat 3 tipe yang ada dalam 3D.
1. Wireframe adalah objek yang terdiri dari garis lengkung dan lurus yang biasanya mempergunakan 2D tetapi digambarkan dalam 3D.
2. Surface adalah objek yang dapat disusun di atas permukaan yang biasanya untuk objek yang sifatnya fleksibel.
3. Solid adalah tipe yang menggambarkan objek-objek yang mempunyai titik berat.
• Metode pemodelan
Secara umum atau yang dikenal banyak orang ada 5 metode, yaitu :
1. Polygonal modeling , merupakan titik ruang 3D yang terhubung dengan segmen dan membentuk polygonal. Biasanya dalam pemodelan 3D polygonal yang dipakai, polygonal memiliki sifat yang fleksibel sehingga kompoter dapat merender dengan cepat. Polygonal berbentuk segitiga ataupun berbentuk segiempat, motode ini merupakan metode yang penting dalam menentukan suatu bidang datar, sehingga dalam menciptakan bidang kita bisa membentuk permukaan. Jika menginginkan permukaan yang halus memerlukan polygonal yang banyak.
2. NURBS modeling, merupakan pemodelan yang secara parametik digunakan untuk grafik komputer. NURBS memiliki sifat yang universal karena bisa memodelkan sembarang bidang maupun pemodelan yang geometri.
3. Splines & Patches modeling, tidak begitu berbeda dengan NURBS tetapi motode ini sangat tergantung dengan garis lengkung yang berguna untuk memperlihatkan permukaan.
4. Primitives modeling, merupakan metode pemodelan yang memakai bentuk geometri primitif seperti bola, silindel, tetapi bukan kerucut atu kubus. Metode ini biasanya digunakan untuk aplikasi-aplikasi teknik.
5. Sculpt modeling , merupakan pemodelan yang dibilang masih baru dalam 3D. metode ini memiliki 2 tipe yang keduanya berguna untuk menciptakan model topologi atau untuk eksplorasi.

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/3D_modeling
http://journal.uii.ac.id/index.php/mediainformatika/article/viewFile/13/12%3Cbr%20/%3E

Tidak ada komentar:

Posting Komentar